5 Tempat Bersejarah Di Indonesia Wajib Kamu Kunjungi

sangiran tempat bersejarah di indonesia

5 Tempat Bersejarah Di Indonesia – Memiliki wilayah dengan beragam kebudayaan membuat negara kita punya banyak sekali tempat bersejarah. Dengan banyaknya kerajaan yang masuk dan pernah menduduki wilayah nusantara makin banyak juga situs prasejarah yang kita punya.

Kali ini kita akan mengulas daftar 5 tempat bersejarah di indonesia yang wajib kamu datangi dimasa PPKM yang sudah tidak terlalu ketat. Berlatih hal ilmu wawasan sosial, kamu tentu hendak menciptakan materi mengenai era prasejarah. Terlebih, negeri kita Indonesia ini, mempunyai banyak sekali tempat peninggalan prasejarah yang jadi saksi peradaban.

Tidak hanya baca melalui buku pengetahuan saja ataupun media massa. Kamu pula bisa melancong langsung loh ke situs prasejarah, yang nyaris ada di seluruh kepulauan di Indonesia. Hitung-hitung melancong sambil menambah pengetahuan. Selanjutnya sebagian situs prasejarah yang bisa kamu datangi supaya paham asal usul. Berikut ini 5 tempat bersejarah di indonesia yang patut kamu kunjungi:

1. Tempat Bersejarah di Indonesia (Leang-Leang)

LEANG-LEANG

Tidak jauh dari pegunungan karst terbanyak di Indonesia, Maros Pangkep, ada situs dahulu kala di Halaman Prasejarah Leang-Leang.Terletak di kabupaten Maros, Sulawesi Tengah, halaman ini ada banyak sekali terowongan prasejarah yang meninggalkan jejak era kemudian orang pada era purba.

Pettae Kere, salah satu julukan leang atau terowongan di halaman ini yang menunjukkan 27 lukisan telapak tangan pada bilik terowongan, serta perkakas pada era dulu yang menyamai perlengkapan serpih bilah, serta mata panah.

2. Sangiran

sangiran tempat bersejarah di indonesia

Tahun 1996, UNESCO memasukan situs prasejarah Sangiran selaku web berarti di bumi buat menekuni fosil orang. Situs ini terdapat di 2 kabupaten, Sragen serta Karanganyar. Lebih persisnya terletak di sisi utara kota Solo.

Di situs prasejarah ini, ada pula museum yang menaruh fosil berjumlah kurang lebih 14. 000 item. Tidak hanya fosil, ada pula artefak, serta peraga yang bisa diamati oleh tiap wisatawan.

Museum Sangiran sendiri, buka pada jam 08.00-16.00. Sangat asyik mendatangi ruang memperlihatkan II, dimana kita bisa melihat film pendek hal pembuatan alam semesta, sampai pembuatan kepulauan yang terdapat di Indonesia.

3. Gunung Padang

tempat bersejarah di indonesia gunung padang

Gunung sekalian situs prasejarah yang terdapat di Cianjur, Jawa Barat ini, dikeramatkan oleh masyarakat dekat, sebab banyaknya asumsi dimana, gunung Padang selaku tempat Prabu Siliwangi membuat kastel dalam tadi malam.

Bila tempat bersejarah di indonesia tadinya mempunyai penemuan bermacam tipe fosil. Beda perihal dengan gunung Padang yang banyak sekali ditemui batu adesit, sebab memanglah aset prasejarah pada gunung ini ialah rentang waktu megalitikum atau era batu.

Bagi riset, baya gunung Padang lebih berumur dari Limas Giza, Mesir. Wujudnya yang nyaris menyamai Limas Giza, sebagian orang yakin bila situs ini mempunyai keterkaitan.

4. Patiayam

patiayam tempat bersejarah di indonesia

Meski beberapa fosil sudah dipindahkan ke museum Ronggiwarsito, Semarang, tidak kurangi atensi wisatawan buat memandang langsung barang-barang aset era purba di mari. Terdapat di kabupaten Bersih, Jawa Tengah, Patiayam mempunyai kecocokan dengan Sangiran.

Situs Patiayam tempat bersejarah di indonesia, di angka sangat komplit sebab kehadiran fosil orang purba, fauna vetebrata, serta invetebrata, sampai alat-alat yang dibuat dari batu, yang dipercayai merupakan hasil adat orang purba. Di tahun 2005, situs prasejarah ini masuk kedalam cagar adat Gedung Pelanggengan Aset Dahulu kala Jawa Tengah.

5. Gua Harimau

gua harimau

Eits, janganlah khawatir dahulu betul! gua gembong, salah satu situs prasejarah di dusun Padang Bindu, kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Julukan terowongan sendiri diterima sebab warga yang bermukim di dekat dusun, sering mengikuti auman gembong dalam terowongan.

Di dalam gua Gembong, wisatawan bisa memandang gambar cadas yang terletak pada lelangit gua, penguburan kuno orang dari suku bangsa Austronesia, serta kerangka binatang semacam ikan, gembong, gajah, nanai, yang di yakini selaku hasil mangsa orang pada era purba.

Sampai dikala ini, situs prasejarah gua Gembong sedang dicoba penilitian oleh para pakar arkeologi mengenang, pada tahun 2014 sedang mengalami serpihat batu batu gelas, perlengkapan penipis, serta perlengkapan melembutkan.

Kesimpulan

Banyak sekali jika kita uraikan tempat bersejarah di indonesia dengan museum yang menjadi sakti bisa tempat tersebut. Sebagai bangsa yang baik seharusnya kita tidak melupakan sejarah, itu kata pemimpin bangsa kita terdahulu pak Ir. Soekarno.

Bahkan ada beberapa situs prasejarah di nusantara termasuk unik dan mendapat perhatian dari para peneliti luar negeri. Tetapi kita tidak perlu berlebihan dan “Over Proud” akan negara kita tercinta indonesia.

Nah, itu mulanya 5 tempat bersejarah di Indonesia yang wajib kamu ketahui. Bukan cuma hanya jalan-jalan lazim, sepulang dari tempat ini, kamu hendak bawa bekal berbentuk ilmu peradaban hal orang. Ingat, senantiasa piket kelestariannya, betul! Janganlah mengotori, terlebih mengganggu.

5 Tempat Bersejarah Di Indonesia Wajib Kamu Kunjungi
Kembali ke Atas